Inilah Lima Kuburan Paling Misterius di Indonesia

Inilah Lima Kuburan Paling Misterius di Indonesia

Baca Juga

Inilah Lima Kuburan Paling Misterius di Indonesia

MyMisteri Leony Li - Kuburan adalah tempat peristirahatan terakhir untuk manusia setelah menjalani kehidupan di dunia ini. Dengan begitu ternyata kuburan masih banyak menyimpan berbagai misteri yang penuh tanda tanya dan salah satu adalah lima kuburan ini. Ulasan selengkapnya di bawah ini.

01. Batu Lemo di Desa Lembang

Tempat kuburan persemayaman jenazah yang berbentuk lubang pada dinding cadas yang berada di Toraja yang sangat luar biasa. Persemayaman yang telah ada sejak abad 16 itu dibuat dengan cara memahat.

Sekitar 12 kilometer sebelah selatan Rantepao atau enam kilometer sebelah utara Makale. Dinamai Lemo karena beberapa model liang batu itu berbentuk bundar dan berbintik-bintik menyerupai sebuah jeruk atau limau. Kuburan batu itu disebut juga sebagai liang paa.

Ada 75 lubang pada dinding cadas. Beberapa di antaranya memiliki patung berjajar yang disebut tau-tau. Patung itu adalah lambang kedudukan sosial, status, dan peran mereka semasa hidup sebagai bangsawan setempat.

Obyek ini ramai dikunjungi sejak pada tahun 1960. Selain menyaksikan kuburan batu, wisatawan juga dapat membeli berbagai sovenir atau berjalan di sekitar obyek tersebut menyaksikan buah pangi yang ranum kecoklatan. Buah-buah itu siap diolah dan dimakan sebagai makanan khas suku Toraja yang di sebut pantollo pamarasan.

02. Trunyan Yang Berada di Bali

Sebagaimana kepercayaan masyarakat Bali, Warga Desa Trunyan juga mengenal ngaben, namun di desa ini mayatnya tidak dibakar. Disini mayat mereka ditaruh begitu saja di sebuah areal hutan. Yang membuat aneh adalah mayat itu tidak akan mengeluarkan bau busuk walaupun sudah disana telah berbulan-bulan.

Pertanyaan terbesar adalah mengapa mayat itu tidak mengeluarkan bau busuk? Padahal secara logika, tetap terjadi pembusukan atas mayat tersebut? Hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata ini.

Konon, di areal hutan tersebut terdapat sebuah pohon yang dikenal bernama Taru Menyan yang bisa mengeluarkan bau harum dan mampu menetralisir bau busuk mayat.

Taru berarti pohon, sedangkan Menyan berarti harum. Pohon Taru Menyan ini hanya tumbuh di daerah ini. Jadilah Tarumenyan yang kemudian lebih dikenal sebagai Trunyan yang diyakini sebagai asal-usul nama desa tersebut.

03. Makam Dayak Banuaq di Kalimantan Timur

Jika sahabat berkunjung ke kampung suku dayak Benuaq atau suku dayak Bentian yang berada di pedalaman Kalimantan Timur ini. Kuburan akan mudah ditemukan di halaman samping atau tepi jalan menuju kampung orang Dayak Benuaq.

Kuburan orang Benuaq atau Bentian tidak di dalam tanah seperti layaknya suku lain.ketika pertama meninggal mereka akan dimakamkan di dalam kotak yang di sangga oleh tiang atau di gantung pada tali.

Kemudian setelah beberapa tahun kemudian kuburan itu dibuka lagi, lalu tulang-belulang yang meninggal akan di doakan dulu setelah itu di masukan kedalam kotak bertiang yang permanent. biasanya tiap keluarga mempunyai kuburannya masing-masing dan kebanyakan letaknya disamping rumah keluarga, tidak dipekuburan umum seperti kebanyakan di kota atau kampung lain.

Hampir tiap malam terdengar musik pemanggil arwah orang yang sedang mengadakan upacara Beliatn tarian dan mantra penyembuhan untuk anak ataupun untuk mendoakan orang yang telah meninggal.

04. Batu Karang Terjal Londa

Kuburan di sisi batu karang terjal adalah salah satu sisi dari kuburan itu berada di ketinggian dari bukit yang mempunyai goa yang dalam dimana keranda mayat di atur dan di kelompokkan dalam dasar garis keluarga. Disisi lain dari lusinan tau-tau berdiri secara hidmat di balkon.

05. Kuburan Bayi Kambira

Di Kambira masih di wilayah Tana Toraja ada kuburan bayi yang berupa pohon besar yang dilubangi, jenazah si bayi setelah dibalsem dan dibungkus, lalu dimasukan ke dalamnya dan lobang ditutup dengan anyaman ijuk.

Begitulah kisah-kisah kuburan yang penuh dengan misteri di Indonesia. Bagaimana menurut anda sahabat MyMisteri? Cukup aneh dan misteri bukan?

Sumber: Wikipedia

Related Posts

Inilah Lima Kuburan Paling Misterius di Indonesia
4/ 5
Oleh

2 comments

18 July 2018 at 10:00 delete

Pildun2018 cuma nonton? gak seru dong
Mari pasang jagoan mu disini update betting..

Reply
avatar
2 August 2018 at 19:33 delete

DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

Reply
avatar