Joelma Building, Misteri 13 Arwah

Joelma Building, Misteri 13 Arwah

Baca Juga

Joelma Building, Misteri 13 Arwah

MyMisteri Leony Li
- Peristiwa pada 1 Februari 1974 di gedung Joelma terletak di Simpang 225, Jalan 9, Kota Sao Paulo, Brasil, tidak bisa dilupakan. Saat itu terjadi peristiwa kebakaran yang merenggut nyawa 179 orang, terbesar dalam sejarah kebakaran gedung, sementara 300 lainnya terluka.

Kejadian itu terjadi pada pukul 8.50 pagi, saat para karyawan sedang bersiap bekerja. Sumber api berasal dari suhu kompresor penyejuk udara yang terlalu panas sehingga menyulut api.

Nahas, gedung itu malah menggunakan pelapis cat dinding menggunakan bahan yang mudah terbakar, hal itu makin memperburuk keadaan. Dalam 20 menit api sudah membakar seluruh lantai. Apalagi penyekat dinding, kursi, dan meja terbuat dari kayu.

Pada saat itu belum terpasang lampu darurat, sirine tanda kebakaran. Parahnya lagi, gedung itu tidak dilengkapi tangga darurat. Hanya ada tangga kecil yang menghubungkan seluruh lantai. Unit kompresor saat itu juga belum dipasang sekring karena memang teknologi itu belum tersedia di Brasil.

Petugas pemadam tiba 15 menit kemudian. Para karyawan yang bekerja di lantai lebih rendah dapat menyelamatkan diri terlebih dulu. Sementara mereka yang ada di lantai lebih tinggi terjebak karena api sudah memenuhi tangga. Mereka kebingungan. Pemadam kebakaran pun hanya bisa naik hingga lantai 11.

170 orang yang terjebak terpaksa naik ke atap dengan harapan bakal diselamatkan dengan helikopter. Tetapi hal itu tidak terwujud. 40 orang nekat melompat untuk menggapai tangga truk pemadam kebakaran, tapi tidak ada satu pun yang dapat meraihnya. Keempat puluh orang itu tewas terjatuh.

Di lain tempat, empat elevator di gedung itu terpaksa digunakan buat mengevakuasi karyawan. Tetapi, ada 13 orang terakhir yang terjebak di dalam lift itu. Nahas, lift itu berhenti di lantai yang terbakar. Suhu dalam lift itu naik perlahan hingga akhirnya membakar mereka semua hidup-hidup.

Setelah kebakaran padam pada pukul setengah dua siang, petugas pemadam mulai mencari korban. Saat membuka lift, 13 jasad orang yang terbakar hidup-hidup ditemukan.

Sejak saat itu, penghuni gedung itu mengatakan sering melihat penampakan gaib arwah 13 orang yang terbakar hidup-hidup itu. Kadang dari dalam elevator kerap terdengar teriakan dan suara rintihan meminta tolong.

Saat dilihat tidak ada siapapun. Walau gedung itu sudah direnovasi, arwah mereka yang tewas dalam lift itu sepertinya enggan meninggalkan gedung itu.

Related Posts

Joelma Building, Misteri 13 Arwah
4/ 5
Oleh