Legenda Sungai Siak Sri Inderapura Yang Angker

Legenda Sungai Siak Sri Inderapura Yang Angker

Baca Juga

Legenda Sungai Siak Sri Inderapura Yang Angker

MyMisteri Leony Li
- Jika anda yang berada dari Riau rasanya tidak asing lagi kalau mendengar asal-usul sungai yang satu ini, banyak misteri di balik sungai ini, salah satunya adalah sejarah Sungai Siak yang merupakan sungai terdalam di Pulau Sumatra. Hingga kini sungai ini masih dapat dilayari oleh kapal-kapal besar sejenis tanker.

Sungai Siak dapat melewati lima kabupaten dan kota, sehingga sungai ini memiliki peranan penting bagi sosialitas ekonomi masyarakat. Dari peta pemerintah daerah, Sungai Siak juga memiliki tiga anak sungai utama yaitu. Tapung Kiri dan Tapung Kanan yang berada di hulu bermuara, Sungai Siak dan anak sungai lainnya adalah Sungai Mandau.

Sungai ini memiliki lebar rata-rata 100 sampai 150 meter dan kedalaman 20 sampan 30 meter dengan total panjang diperkirakan mencapai 527 kilometer dimana yang dapat dilayari yakni sepanjang 300 kilometer.

Pinggiran sungai terdalam ini dihiasi dengan hutan bakau dengan ragam jenis yang jarang ditemui di bantaran sungai manapun. Namun Sungai Siak tidak seindah sungai-sungai yang berada di daerah lainnya, seperti Sumatra Barat dan Sumatra Utara dengan sumber air yang jernih hingga indah dipandang.

Ragam industri yang beroperasi di daerah aliran sungai (DAS) membuat sungai ini menjadi begitu tercemar. Airnya pun kini berwarna coklat pekat dengan bau limbah industri yang begitu menyengat.

Airnya yang begitu keruh, tidak didukung dengan derasnya arus menambah nuansa angker sungai yang kini terus menghalami pendangkalan ini. Sungai Siak bahkan tampak seperti danau yang berbentuk memanjang hingga airnya begitu tenang namun kerap memakan tumbal.

Misteri angker Sungai Siak, sejauh ini masih menjadi teka-teki tak terungkapkan. Namun mitos tentang Sungai Siak, tidak lepas dari latar belakang Kerajaan Siak yang sejauh ini juga masih dianggap tabuh kebenarannya.

Berbagai fenomena gaib sering diceritakan oleh masyarakat setempat, seperti gajah putih yang timbul di sungai ini dan buaya putih yang selalu mencari mangsa di daratan, bahkan pernah ada penampakan ikan duyung, dan penampakan naga yang sangat mirip dalam cerita kuno dari china.

Habitat yang penuh misteri ini pernah bermunculan di sungai siak, sampai saat ini masih tetap exist di sungai siak. Memang dari dulu tempat kerajaan ini sering menjadi buah bibir perbincangan hangat oleh masyarakat setempat. Bagaimana dari pandangan anda sahabat MyMisteri?

Related Posts

Legenda Sungai Siak Sri Inderapura Yang Angker
4/ 5
Oleh

2 comments

4 August 2018 at 12:31 delete

Kalah melulu main di agen lain? Kecewa dengan agen lain?
Daftar disini saja Upd4te Bett1ng

Reply
avatar
4 August 2018 at 20:08 delete


Dengan minimal deposit 10.000, kalian bisa mencoba keberuntungannya bersama dengan kami
segera add pin bb kami D87604A1, ditunggu ya di D3W4PK**

Reply
avatar