Hantu Jurig Gulutuk Sengir

Hantu Jurig Gulutuk Sengir

Baca Juga

Hantu Jurig Gulutuk Sengir

MyMisteri Leony Li - Hantu kepala atau bila di tanah sunda terkenal dengan nama jurig gulutuk sengir adalah hantu yang tidak memiliki badan alias hanya kepalanya saja. Jika anda bukan orang sunda pasti akan bertanya-tanya arti dari kata jurig gulutuk sengir.

Maka dari itu akan saya jelaskan sedikit mengenai arti kata jurig gulutuk sengir. Jurig berarti hantu, gulutuk berarti menggelinding dan sengir berasal dari kata nyengir yaitu senyuman yang seperti menghina atau senyuman sinis.

Dengan kata lain bila di artikan ke dalam bahasa indonesia akan menjadi, hantu senyum menggelinding. Kata tersebut menurut saya sangatlah rancu karena saya sendiri tidak bisa menemukan kata yang paling tepat untuk mengartikan kata jurig gulutuk sengir ke dalam bahasa indonesia.

Maka dari itu saya akan memanggilnya hantu kepala saja atau jurig gulutuk sengir bukan hantu senyum menggelinding. Jurig gulutuk sengir adalah salah satu kepercayaan di masyarakat sunda, hampir di setiap daerah ada cerita mengenai jurig gulutuk sengir terutama didaerah, sumedang dan majalengka.

Hantu ini sangatlah terkenal di kedua daerah tersebut. Apabila ditilik dari asal usul sejarah jurig gulutuk sengir maka konon, hantu ini berasal dari korban pada zaman penjajahan dulu.

Mereka adalah para tahanan atau masyarakat yang dipancung karena melawan kepada pemerintahan belanda. Terutama bila jasad dan kepalanya tidak dikuburkan secara bersamaan maka akan menjadi jurig gulutuk sengir (biasanya kepala tersebut dibuang ke hutan bambu/salak yang sangat lebat karena eksekusi hukuman pancung sering dilaksanakan di hutan-hutan).

Dari kejadian tersebutlah, penampakan jurig gulutuk sengir seringkali terjadi di daerah atau dekat hutan bambu. Berbeda dengan penampakan kuntilanak atau pocong. Jurig gulutuk sengir sering menampakan diri kepada para pedagang yang baru akan pulang (pedagang bakso keliling, penjual oncom, bajigur dan lain-lain).

Penampakannya pun bisa dibilang tidak terlalu lama. Hantu ini hanya menampakan diri dengan cara menggelinding di jalan ketika ada pedagang atau orang yang lewat dan akan menghilang di kebun bambu.

Yang uniknya adalah begitu hantu ini berpapasan dengan pedagang atau orang yang akan mereka ganggu maka dia akan berhenti sejenak dan tersenyum kepada orang tersebut setelah itu jurig gulutuk sengir akan kembali menggelinding dan menghilang di rerimbunan pohon bambu. Dari cerita tersebut maka bisa ditarik kesimpulan kenapa setan kepala di daerah sunda disebut dengan jurig gulutuk sengir?

Adalah karena kebiasaannya ketika menakuti orang-orang, dengan cara menggelinding di depan orang tersebut dan melemparkan senyuman yang mungkin bisa membuat bulu kuduk merinding bagi yang melihatnya.

Bila anda ingin menyaksikan hantu ini dengan mata kepala sendiri, sebaiknya anda mampir ke daerah buah dua di sumedang, karena didaerah tersebut masih jarang rumah-rumah penduduk dan banyak sekali pohon bambu dan pohon salak.

Karena menurut teman saya, beberapa tahun ke belakang pernah ada seorang penjual oncom yang pulang kemalaman ketika di perjalanan bertemu dengan jurig gulutuk sengir dan sejak saat itu pedagang oncom tersebut tidak pernah lagi berjualan ke daerah sana.

Disarankan ketika ingin bertemu dengan jurig gulutuk sengir agar membawa menyan yang telah dihidupkan. Ini berfungsi sebagai pemancing atau pengundang kehadiran hantu tersebut.

Dan jangan menggunakan kendaraan,anda harus berjalan kaki serta usahakan untuk mencarinya di daerah yang jauh dari perumahan penduduk dan banyak pohon bambu serta pohon salak.

Related Posts

Hantu Jurig Gulutuk Sengir
4/ 5
Oleh